Senin, 21 April 2014

Memahami setingan karburator


Setingan karburator menjadi langkah akhir dari setiap pekerjaan korek motor, entah itu mesin 4 tak ataupun 2 tak pasti akan melewati tahap seting karburator. Tahap seting karburator membutuhkan waktu yang relatif lama dibanding saat tuning bagian mesin lainnya yang berhubungan dengan performa. Waktu minimal yang dibutuhkan para tuner dan mekanik mesin balap untuk mencari setingan karburator dengan komposisi mesin kurang lebih sekitar 1 minggu.

Mesin motor standar, korek harian, atau korekan full di anggap layak di tes untuk berlari di trek saat gejala brebet knalpot hilang baik itu pada putaran grip gas full atau sedang. Saya tekankan gejala brebet ini tidak dipengaruhi oleh entah itu karburator standar ataupun karburator racing. Baik itu karburator racing sekalipun jika spuyernya tidak pas, gejala brebet saat seting karburator akan ditemui.

Nah sekarang bagaimana caranya bagi kita orang awam mengenali atau memahami seting karburator yang sesuai dengan mesin, ada sedikit parameter bagi kita dengan menggunakan filling untuk menetukan komposisi spuyer karburator yang pas.

Berikut step-step mengenali gejala motor dari setingan karburator :
  • Tanda pilot jet terlalu kecil, saat motor diajak berjalan sedang dan putaran grip gas tanggung (grip gas di gantung) jalannya motor endut-endutan. Silahkan di naikan/ganti dengan pilot jet berukuran 1 klip di atasnya, tingkatan ukuran pilot jet adalah misal dari 17.5, 20.0, 22.5, 25.0, dan seterusnya, tiap kenaikan atau penurunan pilot jet selisih 0.25
  • Tanda pilot jet terlalu besar, saat motor di ajak berakselerasi atau grip gas di putar sekaligus dari bawah dan mesin terasa nahan juga bunyi knalpot ada brebet. Silahkan sesuaikan dan turunkan 1 klip ukuran pilot jet-nya.
  • Tanda main jet terlalu kecil, putaran mesin di atas terasa kering dan kecepatan motor pada top speed statis. Jika di putar grip gas di tempat, raungan mesin pada putaran mesin full seperti nangis walaupun gejala brebetnya hilang. Main jet terlalu kecil tidak membuat gejala mesin brebet pada putaran atas.
  • Main jet terlalu besar, putaran mesin pada grip gas full saat berpindah gigi akhir misal gigi 5 atau 6 suara mesin ada penurunan (seperti berat) namun jangan salah mengartikan putaran mesin berat disini bisa bertanda kampas kopling masih bagus tetapi jika pada perpindahan gigi dan rpm mesin belum tinggi, lain ceritanya kalau saat perpindahan transmisi gigi akhir dan rpm mesin tinggi namun mesin terasa berat. Jika di seting di tempatpun (motor tidak di tunggangi) grip gas pada putaran atas akan membuat brebet pada mesin dan knalpot.
  • Posisi klip jarum skep terlalu irit, mengakibatkan gejala mesin menjerit kurang bahan bakar juga pada rpm tengah dan tinggi pada saat grip gas di putar sekaligus naik turun saat motor di seting di tempat.
  • Posisi klip jarum skep terlalu boros, mengakibatkan gejala brebet pada putaran atas grip gas saat seting di tempat, saat motor di tunggangi gejala brebet hilang pada top speed namun jika grip gas di lelepin sekaligus rpm mesin tidak mampu tinggi karena gejala brebet (hal ini penting untuk start para motor drag).
  • Setingan pilot dan main jet serta jarum skep yang pas untuk komsumsi mesin ialah saat skrup angin di putar kurang lebih 1.5 kali putaran obeng min dengan keadaan rpm mesin perkiraan ada pada putaran tengah (grip gas tanggung) mesin motor berteriak dan naik sendiri seiring skrupnya di putar.

Trik memahami setingan karburator di atas di pengaruhi banyak hal, bisa jadi setingan karburator sudah pas dengan kebutuhan mesin namun spesifikasi di bawah ini penyebabnya :
  • Spesifikasi atau kebutuhan knalpot yang belum sesuai, ingat pada artikel sebelumnya soal desain knalpot 2 tak.
  • Tegangan pengapian tidak konstan.
  • Busi yang sudah tidak layak pakai.
  • Porting silinder mesin 2 tak terlalu berlabih.
  • Dan sebagainya.

Ingat, mendeteksi campuran bahan bakar yang pas dengan kebutuhan mesin dan karburator adalah dimana warna busi atau kop silinder coklat ke bata-bataan saat di buka setelah mesin di ajak berlari full atau grip gas di putar full. Jika hitam dan basah menandakan bahan bakar terlalu banyak dan jika putih menandakan bahan bakar terlalu irit.


Teknik Menyetel Karburator Langsam

Banyak pemakai motor suka mengotak-atik stelan langsam motornya, dengan alasan langsamnya kegedean, akhirnya dikecilin sampai sekecil mungkin. Eit… hati-hati… cara begitu tidak dianjurkan oleh pihak pabrikan, Tanya Ken-apa?

Karena mesin butuh pelumasan yang bagus, nah… pelumasan ini bekerja dengan baik berdasarkan tekanan dari putaran pompa oli dari mesin bagian bawah ke mesin bagian atas, kalo pada saat langsam RPM mesin dibawah ketentuan pabrikan, maka akan berdampak tidak baik pada motor ente! karena system pelumasan kurang sempurna ujung-ujungnya usia mesin jadi ngga seperti seharusnya…. Begitu bro…

Nah disini saya akan bahas sedikit mengenai cara menyetel langsam motor yang bener.

Pertama, kita harus tahu berapa ukuran RPM standart tipe motor yang akan di stel, misalnya tipe Tiger Revolution.

Besarnya putaran mesin langsam tipe motor ini adalah 1300 - 1500RPM

Nih caranya:

Putar penyetel langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor hingga putaran mesin menengah atau kira-kira 2000-2500RPM

Langkah berikutnya menyetel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil



Besarnya stelan angin untuk tipe motor Tiger ini adalah kurang lebih antara 2 – 2,5 putaran. (putar kekanan mentok dan kembalikan kekiri hingga 2 – 2,5 putaran (sampe ketemu putaran mesin yang paling stabil).

Kemudian kecilkan RPM dengan memutar baut penyetel langsam kekiri hingga ditemukan 1200 - 1300RPM, dengan melihat jarum penunjuk pada Tachometer. seperti pada gbr dibawah ini…

Kendala yang dihadapi saat menyetel langsam :

Mesin tersendat-sendat (tidak bisa stabil)
Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
Ukuran Main jet dan slow jet tidak berubah ( sesuai dengan standar ) apabila tidak sesuai, maka bisa susah langsam, karena campuran BB tidak tepat
Periksa apakah ada kebocoran udara pada karburator dan intake manifold
Putaran mesin turun terlalu lama (nge-gerung)
Periksa kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udara
Periksa kedudukan jarum skep & skep sudah tepat dan tidak macet/seret pada saat balik
Periksa per skep mungkin sudah lemah
Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
Periksa, kemungkinan BB bercampur dengan air
Knalpot nembak-nembak setelah gas ditarik
Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
Periksa tidak ada kerusakan pada seal(karet) pada stelan angin, dengan membuka dan melepas skrup stelan angin dari karburator.
Periksa dan pastikan bahwa skrup stelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada stelan angin tidak patah)


Cara Setting Karburator Motor

Tugas utama karburator adalah mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adl 1 : 13-15. Pokoknya gmn caranya biar mesin dapet suplai campuran segitu.

Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14?

Jwbannya adl Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.

Misal:

Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran BB terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin hrs lebih banyak.
Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
Dan masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yg b’pengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB.
Itu teori dasarnya.

Setting Karbu:

Karbu pny 2 spuyer :

Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yg berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas
Satu buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yg sudah tinggi.
Hal lain yg berpengaruh dengan setingan termasuk :

Ukuran Venturi karbu
Jarum skep
Stelan angin
Power jet.
Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yg lewat shg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya spy campuran bisa pas.

Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?

Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:

1. “Ngempos” adalah gejala mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB

2. “Mberebet” adl gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cm tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.

Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.

Kasus-Kasus

Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn masalah pilot jet :

Motor kl pagi susah hidup krn begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naekin pilot jet.
Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet
Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet
Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti pilot jet kebesaran.
Motor gak pake di cuk kl pagi N bisa langsung start
(ini jg gak normal) berarti pilot hrs turun.

Kesimpulannya, kl ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di put rendah jg maka pilot hrs turun.

Trus tuk kasus2 mainjet:

Mtr dibawa kebut2an sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik
Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
Mtr ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
Motor Brebet di put atas saja berarti main jet minta turun
dll
Kesimpulannya, jika mtr Brebet di put atas berarti main jet hrs turun, jika mtr suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.

40 komentar:

  1. Malam... motor honda karisma saya sdh diganti noken as racing, pada saat di gas putaran tinghi atau gas full, ternyata di dapat potor seperti raungannya terputus putus atau tersendat sendat, kira kira apa permasalahannya... karbunya masih standar, tks

    BalasHapus
  2. Busi/main jet kekecilan .

    BalasHapus
  3. Malam mas, saya baru ganti karbu pwk 28 ,pas diputaran tengah ke atas tenaga motor langsung kosong serta nyendat nyendat, mohon bantuannya trima kasih

    BalasHapus
  4. Malam mas, saya baru ganti karbu pwk 28 ,pas diputaran tengah ke atas tenaga motor langsung kosong serta nyendat nyendat, mohon bantuannya trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main Jet Nya Kegedean, Pas Pertama Kali Pasang Kalo Busi Baru / Baru Dibersihin Biasanya Ga Brebet, Cuman Abis 1x Running Brebet Kaya Ndut Ndutan,, Emang Untuk Motor Apa Yah ?

      Hapus
    2. Gejalanya sama kayak punya saya. Putaran bawah ok, pas di gas putaran tengah sampai atas ilang tenaga dan mesin mati. Tolong bantuannya. Trims

      Hapus
  5. Mau tanya gan..punya saya kalo di rpm atas motornya kaya nyendat nyendat,kata bengkelnya terlalu boros,terus sama bengkel nya di bagian main jet di kasih kabel serabut,pas udah selesai motor udah enak setelah 2 hari kumat lagi..mohon solusinya
    Motor saya gl pro BE karbu standar

    BalasHapus
  6. Kalo tips mesin ninja R buat trail supaya putaran bawah ga ngempos gimana gan?karna banyak kasus pas ditanjakan mesin ngempos n mati

    BalasHapus
  7. Putaran atas panjang banget sampe motor telat bensin yg harus d rubah apa om?

    BalasHapus
  8. Setingin karbu ane bro...ane bayar dah, serius nih

    BalasHapus
  9. Suhu motor saya satria gigi 5 dan 6 loyo itu knpa ya? Spek seher 64 + porting,karbu pe 28 pj 42 mj 120, mohon sarannya suhu

    BalasHapus
  10. kenapa motor saya di rpm petengahan sudah menjerit tinggi seperti kekeringan..adakah pilot jet nya kecil?

    BalasHapus
  11. Gan motor saya ninja r 2014,, saya pernah pakai pj 48 mj 138, emang lumayan enak tpi kadang put atas kalau gas di tahan brebet, trus saya ganti lgi mj ke 140,, masih ttep sama, ganti lgi mj 135,, brebetnya ilang tpi nahan, saya ganti lagi gan pj 45 mj 140,, menurut saya itu paling enak, bawah sampe atas g ada brebet, gas ditahan pun enak,,

    Pertanyaan saya gan,, pj 45 mj 140 itu bagus gak gan untuk mc.

    BalasHapus
  12. Mau nnya nih gan,knp motor saya stelan langsam di puter kekiri ampe mau lepas,tp si motor ga mati?knp ya gan?

    BalasHapus
  13. mau tanya gan,, ane pake pwk 28, knapa kalo di buat start motor bunyi ngoook (ngempos) kadang langsung mati,,dari mesin stasioner dan gas langsung di tarik pasti ngook,, pj 40 mj 115, pj di kecilin stasioner gk enak, di besarin lagi malah ngaco,, mj di besarin gk enak juga,, stelan angin 1,5 putaran, jarum skep no3,

    BalasHapus
  14. Knpa ya mtr z pas psng sringn udara,law digas sperti maw mati?

    BalasHapus
  15. Malam, saya mau tanya min. Cbr old ane pake pwk ketika rpm tinggi terlalu lama tiba" ngempos kayak bensin abis terus gk lama belebet parah terus gas di puter" nanti normal lagi, kira" kenapa ya?

    BalasHapus
  16. Besarkan ukuran gir depan 1-2 mata

    BalasHapus
  17. Malam min...Mau tnya ne motor ud diganti karbu 28 jdinya mtor brebet dan bunyi knalpot racing jdi ga enak seperti tll nyaring ga bunyi bulat. Mohon bantuannya. .. Terima kasih

    BalasHapus
  18. Motor honda fit x 2008, skep dan jarum diganti punya grand, posisi jarum no.2 dari atas, putaran bawah agak brebet putaran tengah lumayan enak putaran atas susah nambah kayak mentok gitu tertahan di 95 kpj...

    BalasHapus
  19. Mas kan motor saya megapro primus lhaa udah di bikin standart tigeran lhaa terus saya pakai karbu pwk sudco uk 30 supercopy jarum sudah saya belikan Yg ori sudco pj nya 38 mj nya 100 posisi jarum klip udah di 2 dari atas tapi bawahnya kok brebet" ya mas habis itu kok masih boros? Solusinya gimana tlong di jawab

    BalasHapus
  20. Om mau tanya dong,ninja rr sy bru gnti karbu pwk28 kx tp putaran bawahnya kok gk enak ya,rasanya seperti jln pelan pke gigi 6.pdahal masih gigi 1 atau dua.jdi gk enak dibawa pelan.maunya kenceng terus.mohon pencerahannya.thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senasib,saya malah karbu standrt

      Hapus
    2. senasib
      cc 135 papas head,
      karbu PE-28 pj/mj 38/110
      beLum ketemu setingannya
      bawa jalan peLan/santai gk enak, maunya gas betot/kenceng teruss ..

      Hapus
  21. Mas motor saya gl100 , pake karburator tiger modif skep.pada saat putaran rpm atas dibleyer atau di geber kog nglimit mas ...kenapa mas ya,kemarin pakek karburator ninja si normal aja ...

    BalasHapus
  22. Bamg saya mau tanya mio sporty rpm rendah tersendat sendat apalagi klo jalan macet kalau rpm tengah keatas mulus bgt jadi ga nyaman sekali jika mau jalan pelan.. Apakah berhubungan dengan ring seher kah? Motor ane ga mgebul sih tetapi kata bengkel begitu ane bingung.. Mohon solusinya bang

    BalasHapus
  23. Mas mau tanya, motor gl saya pakai karburator pwk 28, itu kalo di putaran atas setiap mau oper presneling kok ada limitnya ya?

    BalasHapus
  24. Mas mau tanya, motor saya Vespa Spartan 200 cc pake pwk 30 kira kira main jet sama pilot jet pake berapa ya ?
    Sekarang pake pilot jet 48 dan main jet 138 pas tarikan gigi 1 sama 2 brebet terus

    BalasHapus
  25. Numpang tanya nih suhu suhu. Motor ane beat karbu. Spek nya piston 54mm noken as modif. Pake karbu pe28. Giliran di gas mentok brebet parah. Tapi gas di kurangin dikit engga brebet. Mainjet udah turun 5 step padahal kaga ketemu juga

    BalasHapus
  26. Motor KLX saya kalau lagi jalan di turunan terus mau jalan datar, waktu gas agak ditambah, nyendat dulu, lalu normal. Kenapa ya Om?

    BalasHapus
  27. Mas mau nanya mtr saya mio sporty piston 58.5 karbu pwk cpo 28. Kalau rpm rendah dia ngasap hitam mas tarikan nya juga agak berat mas menurut saya. Kira2 apa nya iya mass๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
  28. Mau tanya hu, motor saya grand spek 115cc piston 54,klep std noken std. Saya pasang pe 24 atasan Brebet kenapa yah padahal main jet sudah kecil ukuran 90,dan putaran bawah juga brebet padahal pilot Jet sudah ukuran 30. Solusinya gan๐Ÿ™

    BalasHapus